Rabu, 20 Agustus 2014

Festival Jogja

Liburan Seru di Jogjakarta Bulan Agustus 
Dengan Hadirnya 4 Festival

Yang berencana liburan di Yogyakarta pada bulan ini akan dimanjakan dengan hadirnya seabrek-abrek acara wisata, kesenian, kuliner, kirab sebagainya karena di bulan agustus ini di Yogyakarta ada 4 gawean besar festival.

Yuk kita lihat apa saja acara festival itu

1. Festival Kesenian Yogyakarta ke-26  


Hari ini, Rabu 20 Agustus 2014 sampai dengan Selasa 09 September 2014 Festival Kesenian Yogyakarta diadakan. FKY 26 dibuka ditandai dengan diadakannya Kirab Budaya yang dimulai jam 16.00WIB sore ini. Kirab Budaya yang diikuti oleh 26 kontingen perwakilan dari komunitas kebudayaan, kabupaten, dan street performing art. Rute kirab dimulai dari Kawasan Kali Code jl. Jenderal Sudirman ke barat arah Tugu kemudian keselatan melewati sepanjang Jl. P.Mangkubumi dan berakhir di area parkir PLN P.Mangkubumi.

Setelah Kirab Budaya, acara kemudian di lanjutkan dengan Acara Tumpengan di Plasa Pasar Ngasem sebagai bentuk syukur dan harapan agar Festival Kesenian Yogyakarta ke 26 ini dapat berjalan dengan lancar.
Malam nya mulai jam 19.00WIB bertempat di Tugu Jogja, akan diadakan acara tari, musik, dan video mapping. Rangkaian acara ini menandai dimulainya acara Festival Kesenian Yogyakarta.
Festival akan dilakukan disetiap kabupaten dan Kota Yogyakarta dengan waktu dan tempat yang berbeda-beda, dan untuk memeriahkannya juga diadakan Lomba Desain Kriya dan Lomba Lukis selama festival yang dapat diikuti oleh umum. Serta acara Dodolan yang berpusat di Plasa Pasar Ngasem.Tidak ketinggalan ada acara Pameran Perupa Muda, Pagelaran Teater, Dolan Kampung, Live Cooking Project, Diskusi Seni, Kleringan Stage, Bioskop Tamansari, Soundscape, Puisi di Jantung Tamansari, Konser Musik Pulang ke Jogja, dan acara yang seru lainnya.
Untuk info selengkapnya tentang acara di Festival Kesenian Yogyakarta dapat di lihat di : www.infofky.com



2. Festival Gamelan Internasional

Festival Gamelan Internasional ke 19 dimulai dari tanggal 21 sd 23 Agustus 2014 bertempat di Taman Budaya Yogyakarta di Jalan Sriwedari No.1 Yogyakarta. Event tahunan ini di selenggarakan oleh Komunitas Gayam 16 yaitu komunitas seni binaan alm. Sapto Raharjo dan berskala internasional. Festival ini dimaksudkan sebagai tempat gathering antara pelaku atau seniman gamelan dengan penikmat atau pecinta gamelan itu sendiri.
Festival ini akan diikuti oleh kelompok-kelompok gamelan dari luar negeri diantaranya dari china, mexico, dan usa. Kelompok-kelompok ini akan adu kebolehan dengan mengadakan pentas pertunjukan secara bergantian selama tiga hari penyelenggaraan dan ditutup dengan pertunjukan bersama. Acara pertunjukan akan di buka setiap hari dari jam 19.00WIB dan berakhir jam 22.00WIB. Dan asyiknya kita gratis alias free untuk menonton
Untuk info Festival Gamelan bisa ditanyakan ke
https://www.facebook.com/YogyakartaGamelanFestival

3. Festival Gerobak Sapi

Jika di Madura terkenal dengan Karapan Sapi nya, maka di Jogja lebih dikenal dengan Gerobak Sapi nya yang unik, bahkan di tahun ini diadakan Festival Gerobak Sapi untuk mengenang kendaraan rakyat dimasa perang kemerdekaan RI. Gerobak Sapi dahulu memang populer sebagai sarana transportasi masal yang murah meriah dan ramah lingkungan.
untuk menjaga kelestarian kendaraan tempoe doeloe ini, maka diadakan bermacam-macam acara yang dikemas dalam bentuk festival.
Festival Gerobak Sapi akan diadakan dari tanggal 23 sd 24 Agustus 2014 bertempat di Lapangan Utara Stadion Maguwoharjo, Sleman. Untuk memeriahkan acara akan diadakan acara stand up comedy, dolanan bocah, jathilan anak, ketoprak ringkes dan tentu saja carnaval gerobak sapi. Bagi yang berminat dapat mengikuti Lomba Foto Selfie dengan gerobak sapi, menonton Lomba offroad gerobak sapi, Lomba modifikasi dan yang paling seru adalah Lomba hias gerobak sapi.
Info acara festival dan perlombaan dapat dilihat di
http://www.festivalgerobaksapi2014.com/

4. Festival Pasar Kangen Jogja

Festival ini diadakan dari tanggal 19 sd 24 Agustus 2014 ber lokasi di Taman Budaya Yogyakarta,
festival berbentuk pasar kuliner dengan 92 stand yang menjajakan bermacam-macam jajanan khas jogja tempoe doeloe dan pameran kerajinan tradisional jogja. Selain itu akan diadakan pertunjukan kesenian oleh 20 kelompok seni selama festival berlangsung. Mereka akan menampilkan kesenian tradisional seperti jathilan, wayang, keroncong dan lainnya.
Disebut pasar kangen karena untuk mengenang dan mengobati rasa kangen terhadap suasana jogja masa lalu dan kuliner tradisional yang sudah langka keberadaannya. Pengunjung dapat menikmati tiwul, lopis ketan, hawug-hawug, cenil, arak keeling, tempe bacem, gatot dan makanan serta minuman khas lainnya. Sedangkan kerajinan yang ditampilkan adalah barang-barang yang biasa di temui pada masa lalu eperti wayang kardus, cincin akik, miniatur prajurit keraton, topeng kayu, kaos batik motif lawasan dan sebagainya. Adapun jadwal acara di Pasar Kangen Jogja Kembali dapat dilihat di :
http://kotajogja.com/event/index/Jogja-Event-:-Pasar-Kangen-Jogja

Yogyakarta Never Ending Festival

Tidak ada komentar:

Posting Komentar