Kamis, 26 Juni 2014

Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Hai sobat traveller,
bagi yang hobi camping, atau hiking mungkin belum banyak yang tahu tempat yang asyik di jogja untuk beraktifitas alam bebas karena baru bebarapa tahun belakangan ini digarap serius sebagai Kawasan ekowisata Gunung Api Purba.

Namanya Kawasan Ekowisata Gunung Nglanggeran. terletak di desa Ngalanggeran, Patuk, Gunungkidul. Dari kota jogja hanya berjarak 25km dan jangan dibayangkan gunung yang tinggi karena melalui puncak timur bisa dicapai menggunakan sepeda motor...nah lo..

Bagi yang menyukai tantangan, bisa melakukan pendakian melalui sisi barat untuk mencapai Gunung Gede. Melalui sisi barat, siapapun wajib tracking. Menyusuri jalan setapak dengan bukit batu di sisi kanan dan kiri jalan. Semakin ke atas, jalan semakin terjal tapi sudah tersedia beberapa tali yang dipasang guna memudahkan para pendaki. Selain itu ada tantangan yang mengasyikkan yaitu sebuah celah sempit dan curam dengan bukit batu di kanan dan kirinya. Lorong sempit yang agak gelap ini hanya bisa dilewati oleh satu orang jadi harus bergantian melewatinya. Walau pun agak berat tapi hanya memakan waktu 1 hingga 1,5 jam pendakian melewati puncak sisi barat Gunung Nglanggeran Gunung gede.

Sampai puncak trus ngapain?...eits jangan salah, banyak aktifitas yang bisa dilakukan di Nglanggeran. disana terdapat danau buatan yang asyik yang dinamakan Embung Nglanggeran, selain itu terdapat Taman Buah Nglanggeran dan ada area campingnya lo... asyiknya selain siang menikmati pemandangan alam seperti bukit, gunung, sawah, kampung, coba deh menunggu sunset di Nglanggeran....speachless hehe. apalagi pas malam menjelang melihat suasana kota jogja dari nglanggeran seperti kota bermandikan cahaya. trus paginya melihat sunrise wah baru kerasa deh keindahan alam ciptaan Nya.

bagi rekan-rekan yang berwisata disini hendaknya selalu menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan karena menurut dinas pariwisata gunung kidul, di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran juga banyak dijumpai flora dan fauna langka. Flora langka seperti tanaman tremas, ringin putih, bibisan, kepoh, gayam, aren, mengkudu, dll. Fauna langka antara lain kera ekor panjang, ular, ayam hutan, kepodang, punglor, elang jawa, burung hantu, harimau jawa.....wahhhh (tapi belum ada yang ketemu apalagi ngajak foto-foto si raja hutan itu kok wkwkwk)

Untuk yang senang mistis disini juga banyak cerita rayat yang seru. salah satunya adalah legenda puncak 7KK yaitu puncak yang dihuni oleh 7 keluarga. jika anggotanya berkurang karena meninggal atau pergi, harus cepat-cepat cari penggantinya. karena kalau tidak diyakini membawa musibah bagi kawasan tersebut.

Itu sedikit cerita tentang Nglanggeran. bagi yang ingin mengunjungi Gunung Api Purba Nglanggeran sangat mudah. Dari Jogja kalau naik bus cari yang tujuan Wonosari dan turun di perempatan patuk lalu disambung dengan ojek, bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, sampai perempatan patuk kemudian belok kiri melewati desa Ngoro-oro mengikuti jalanan aspal menuju Desa Nglanggeran atau melewati rute lain yaitu melalui pertigaan Sambi kemudian menuju ke arah SMA 1 Patuk mengikuti jalan aspal maka anda akan tiba di Pendopo Joglo Kalisongo. Retribusi untuk masuk sangat murah sebesar Rp.3.000,00 saat siang hari dan Rp.4.000 saat malam hari.

Obyek wisata ini dikelola oleh penduduk setempat melalui karang taruna, mereka selain menjual jasa sebagai pemandu juga menjual hasil alam dan makanan khas setempat. jadi kedatangan rekan-rekan berwisata didaerah ini juga berarti membantu perekonomian masyarakat setempat...bravo!