Kamis, 11 Desember 2014

7 Catatan Ringan Agar Liburan Menjadi Asyik

Tanpa terasa akhir tahun 2014 hampir tiba, banyak yang sudah membayangkan atau bersiap untuk berlibur di akhir tahun. Agar liburan anda lebih menyenangkan berikut ada beberapa hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu,

1.       Menentukan waktu
Waktu liburan sebaiknya direncanakan jauh-jauh hari bahkan jika memungkinkan setahun sebelumnya telah ditentukan waktunya. Jika bisa memilih, pilih lah waktu liburan yang bukan pada saat musim ramai liburan, tetapi saat sepi. Sehingga kita bisa nyaman ditempat liburan menikmati dan mendapat pelayanan yang maksimal. Tidak terkena macet, riuh, bahkan berebutan lokasi. Lain hal nya jika liburan yang kita lakukan merupakan liburan event seperti event festival, carnaval, peringatan, dan perayaan yang telah ditentukan waktunya.

2.       Menentukan tujuan
Liburan ke Bromo
Tujuan liburan merupakan hal terpenting yang awal harus dipersiapkan, karena destinasi liburan menentukan jangka waktu, biaya, dan persiapan lain yang harus kita lakukan. Semakin jauh tujuan liburan, maka semakin lama waktu yang sebaiknya diluangkan, dan semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan.
Selain itu lebih baik menetapkan tujuan sesuai dengan keinginan bukan karena waktu yang ada dan biaya yang tersedia. Info tentang destinasi wisata saat ini sangat mudah di dapat dari internet, tv, majalah, maupun Koran. Tentukan dua atau tiga tujuan wisata terlebih dahulu dan lakukan sedikit riset mana yang paling diinginkan dan memungkinkan dilakukan, setelah itu baru menetapkan tujuan finalnya


3.       Menetapkan biaya
Opentrip, murah, meriah, tambah kenalan
Biaya yang efektif merupakan biaya yang mendatangkan return maksimal bagi yang mengeluarkan sehingga jangan terjebak dengan biaya murah. Sangat relatif ukurannya. Tiket pesawat identik dengan mahal, tetapi jika jauh-jauh hari kita sudah mencari tiket dan dengan sedikit keberuntungan mendapatkan tiket promo,maka biaya akan lebih murah daripada kita membeli tiket dadakan. Bahkan ada maskapai memberi diskon sampai dengan 80%, tarif Jakarta – Jogja bahkan pernah di promosikan hanya dengan Rp. 99.000 saja. Tiket Kerata api pun demikian, sekarang bisa dipesan jauh-jauh hari bahkan 90 hari sebelum keberangkatan sudah dapat dipesan. Kita dapat memilih tiket yang paling murah di kelas yang kita inginkan. Contohnya tiket kereta api ekonomi Jakarta – Jogja yang termurah dengan tarif subsidi KA Progo Rp. 50.000 dan termahal tiket KA Krakatau Rp. 245.000. Berbeda hampir 500%, bayangkan betapa kita bisa melakukan efesiensi biaya transportasi yang sangat besar.
Akomodasi pun demikian, banyak hotel-hotel berbintang yang memberikan promo dan diskon besar bagi yang melakukan reservasi jauh-jauh hari.  Bayangkan bisa menginap di hotel bintang 4 di Malioboro hanya dengan Rp. 149.999. Hal itu bisa dilakukan jika kita memesan jauh-jauh hari dan di saat yang tepat. Bandingkan dengan tarif hotel melati yang bahkan sampai melambung Rp.350.000 sd Rp. 500.000 di saat puncak liburan.

4.       Menyiapkan perlengkapan
Camera dan Tongsis buat selfie
Factor perlengkapan yang memadai merupakan penunjang dari sukses tidaknya liburan kita. Perlengkapan yang sedikit tetapi tepat dengan waktu dan tujuan liburan kita lebih baik daripada kita kita membawa banyak perlengkapan yang ujung-ujungnya tidak terpakai.
Perlengkapan liburan seperti tas, pakaian, peralatan mandi, camera, gadget, obat dan sebagainya dipersiapkan lebih dini agar liburan menjadi lancar dan menyenangkan. Bayangkan jika kita ke pantai dan ingin berenang tetapi lupa membawa pakaian renang, atau wisata ke gunung tetapi lupa membawa jaket tentu akan sangat mengganggu. Membuat list catatan kecil equipment yang dibutuhkan akan lebih baik lagi agar tidak ada yang terlupakan. Hal-hal kecil dan detil terkadang bisa merusak suasana liburan kita.
Seni membawa perlengkapan adalah ketika kita bisa menempatkan barang itu sesuai fungsinya disaat kita membutuhkan, jadi jangan nafsu memindahkan isi lemari ke koper atau tas yang akan kita bawa. Sedikit lebih baik karena akan lebih ringan, dan tidak merepotkan. Bayangkan kita harus membawa dua koper besar untuk liburan 3 hari ke bali. Selain ribet tentu akan menyulitkan diri sendiri dan ada biaya extra untuk bagasinya.

5.       Persiapan diri
Dengan persiapan yang lebih dini tentu kita bisa mempersiapkan diri juga dengan lebih baik, faktor
Sunrise di puncak bukit
kesehatan yang utama, apalagi lokasi liburan yang kita pilih menuntut kebugaran fisik yang prima. Jangan terjebak dengan promosi tempat wisata yang indah tanpa mengetahui lebih detail tentang tempat tersebut.
Promosi tempat sunrise bukit sikunir di Dieng yang diakui terindah se asia tenggara, untuk mencapai puncaknya kita butuh untuk jalan kaki mendaki sekitar 30-45menit. Kawah ijen di jawa timur, kita harus mendaki 2-3 jam untuk melihat sunrise yang indah, ditambah menurun 30menit lagi untuk melihat blue fire yang hanya ada di dua tempat didunia. Atau snorkling di terumbu karang di Gili Trawangan Lombok , bahkan melakukan Walking in Bottom Sea dengan cara berjalan didasar laut yang walaupun menggunakan peralatan lengkap tentu membutuhkan fisik yang prima.
Bahkan walau hanya mengikuti paket kunjungan wisata pun kita butuh mempersiapkan diri dengan baik. Banyak biro wisata yang membuat wisata kilat sehari ke 4 atau 5 destinasi dengan durasi kunjungan 1-2jam saja, bayangkan betapa tidak nyamannya kita jika dalam kondisi fisik yang tidak bugar. Tentu kita tidak ingin saat liburan hanya berdiam diri dikamar hotel saja seharian atau meringkuk sakit dikasur kamar hotel.
Waktu persiapan yang lebih panjang bisa kita gunakan untuk berlatih berjalan mendaki, belajar berenang, ataupun hanya sekedar menjaga fisik dan mental.

6.       Menyiapkan cadangan rencana
Walau rencana telah tersusun rapi, bahkan bisa berantakan karena berbagai faktor, jadi ada baiknya kita memiliki cadangan rencana.
Kita ingin mengisi liburan dengan mendaki gunung, tetapi saat mendekati hari keberangkatan mendapat kabar kalau jalur pendakian ditutup sementara karena status siaga, jangan tetap nekat naik tetapi rubah rencana liburan anda dengan melakukan camping dikaki gunung.
Atau ingin berwisata ke karimun jawa, tetapi saat mau berangkat pelabuhan ditutup karena ada badai, lebih baik kita mencari alternatif lain seperti ke semarang, ambarawa, atau jepara yang banyak desitinasi wisata lainnya. Atau jika masih memungkinkan waktu liburan bisa kita tunda dulu. Ada baiknya tetap mempertimbangkan keselamatan yang utama diatas segalanya

7.       Pelaksanaan
Hore Liburan Tiba
Saat yang ditunggu-tunggu telah tiba, waktu liburan di depan mata. sebisanya kita menikmati dengan semaksimal mungkin. Kesampingkan pekerjaan atau pun urusan lain sehingga kita bisa benar-benar menikmati setiap moment berkualitas di waktu liburan kita. Dan kalaupun pekerjaan harus kita lakukan saat liburan, ada baiknya dilakukan dengan senyaman mungkin. Mengetik pekerjaan di laptop diatas pasir dengan pemandangan pantai yang indah tentu lebih baik daripada dikamar hotel saja. Atau membaur di café-café yang menyediakan hotspot gratis dan hidangan yang enak.

Liburan dengan keluarga tentu akan lebih menyenangkan. Kita bisa saling merekatkan kembali kualitas hubungan yang kadang tanpa sadar sedikit pudar karena tenggelam dengan kesibukan dan rutinitas masing-masing. Liburan dengan teman dekat tentu akan seru suasananya. Dan kalaupun terpaksa menjalani liburan sendiri, ada baiknya kita dapat berkenalan dan menambah teman saat liburan. Mengikuti opentrip atau tour terbuka tentu lebih aman dan nyaman saat kita harus liburan sendiri. Karena di sadari atau tidak, liburan merupakan kegiatan yang mendatangkan kesenangan dan kesenangan itu akan menjadi kebahagiaan jika kita bisa berbagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar